Jumat, 19 November 2010

City Tendang Enam Pemain Apkiran

City Tendang Enam Pemain Apkiran
Liputan6.com, Manchester: Petinggi Manchester City memutuskan siap menanggung risiko atau kerugian lebih dari 50 juta pound atau sekitar Rp 700 miliar lebih menyusul rencana penjualan enam pemain bintangnya yang dianggap apkiran di bursa transfer musim dingin Januari mendatang. Mereka adalah Emmanuel Adebayor, Wayne Bridge, Shaun Wright-Phillips (SWP), Roque Santa Cruz, Jo Alves, dan Shay Given.
Keenam pemain tersebut semuanya diakuisisi Mark Hughes, manajer City sebelum Roberto Mancini. Besarnya dana yang dikeluarkan untuk memboyong sextet pemain itu ke City of Manchester Stadium mencapai kitaran 87,5 juta pound. Karena dinilai telah rusak dan berpotensi mengancam keutuhan skuad, Mancini bakal menendang keenam pemain tersebut dan menjualnya dengan harga murah alias diobral.
Keputusan itu merupakan hasil pertemuan antara Mancini dengan Chief Executive Garry Cook dan Chairman Khaldoon Al Mubarak yang digelar sebelum kedua pejabat teras City tersebut berangkat ke Abu Dhabi guna menemui owner klub Sheikh Mansour bin Zayed al Nahyan. Dalam pertemuan tersebut, terungkap rencana restrukturisasi komposisi skuad dimana City akan memburu dua striker top. Bomber Bosnia Edin Dzeko berada di urutan pertama dengan bandrol 35 juta pound.
Untuk itu City rela rugi besar dengan melego Adebayor yang semula diboyong dari Arsenal dengan fee 25 juta pound. City siap menjualnya dengan harga 12 juta pound. Santa Cruz yang diakuisisi dengan ongkos 18 juta pound dari Blackburn Rovers akan dilepaskan dengan fee hanya 4 juta pound.
Sementara, bek Bridge yang menelan dana 12 juta pound saat diterbangkan dari Chelsea pada Januari 2009 akan dijual dengan harga 5 juta pound. Bandrol yang sama juga disematkan pada SWP yang modal awalnya bernilai 8,5 juta pound.
Pun demikian dengan Jo Alves yang tarifnya dibanting dari 17 juta pound menjadi 4 juta pound. Satu-satunya pemain yang dinilai City masih tetap bernilai sama dengan harga saat rekrutmen adalah kiper Given yang diboyong dari Newcastle Uinited pada Januari 2009 dengan fee 7 juta pound.
City berharap diskon besar-besaran akan memudahkan proses penjualan keenam pemain apkiran tersebut. Pasalnya, dengan gaji yang terbilang tinggi, antara 60 ribu sampai 130 ribu pound per minggunya, maka mereka akan kesulitan menemukan klub baru.(MEG/The Sun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar