Jumat, 18 November 2011

Pemda dan Koperasi, Berpeluang Bangun Rumah Murah

JAKARTA--Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) membuka peluang bagi Pemda maupun koperasi di daerah yang memiliki tanah untuk lokasi pembangunan rumah murah. Pasalnya, dengan ketersediaan lahan, harga rumah murah ini cukup terjangkau bagi masyarakat.

“Bagi Pemda atau koperasi di daerah yang memiliki tanah siap bangun serta berada di lahan yang tidak produktif, kami bisa membantu pelatihan teknis untuk pembangunan rumah murah," kata Deputi Bidang Perumahan Formal Kemenpera Pangihutan Marpaung di Jakarta, Jumat (18/11).

Mengapa koperasi diberikan peluang juga? Menurut Pangihutan, di daerah ada banyak koperasi yang asetnya berupa lahan. Daripada lahannya tidak dimanfaatkan, bisa diajukan koperasi ke Kemenpera untuk dibangun perumahan murah.

Selain itu, Kemenpera juga akan membantu pembangunan prasarana, sarana dan utilitas seperti saluran air serta jalan untuk kompleks perumahan rumah murah tersebut.

"Dengan dibangunnya rumah murah, koperasi bisa mendapatkan keuntungan juga ketika rumah itu dibeli masyarakat," cetusnya.

Lebih lanjut dikatakan, tahun depan Kemenpera menargetkan pembangunan sekitar 340 ribu unit rumah untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang cukup banyak. 340 ribu unit itu terdiri atas rumah murah sebanyak 100 ribu unit, rumah susun 30 ribu unit dan rumah tapak sejahtera 210 ribu unit.

"Sekali lagi kami berharap pemda bisa membantu penyediaan lahan dan perizinan pembangunan rumah murah ini,” tandasnya.(Esy/jpnn)

http://www.jpnn.com/read/2011/11/18/108455/Pemda-dan-Koperasi,-Berpeluang-Bangun-Rumah-Murah-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar